Thursday, October 25, 2012

Pandan Wangi



pandanus amaryllifolius Roxb.


Suku  : Pandanaceae
Nama Simplisia  : Pandanis Folium  (daun pandan).

Deskripsi
Pandan wangi tumbuh di daerah tropis dan banyak ditanam di halaman atau di kebun. Pandan kadang tumbuh liar di tepi sungai, tepi rawa, dan di tempat yang agak lembab, tumbuh subur dari daerah pantai sampai daerah dengan ketinggian 500 m dpl.

Perdu, tahunan, tinggi 1-2 m. Batang bulat dengan bekas duduk daun, bercabang, menjalar, akar tunjang keluar di sekitar pangkal batang dan cabang. Daun tunggal, duduk dengan pangkal memeluk batang tersusun berbaris tiga dalam garis spiral. Helai daun berbentuk pita, licin, ujung runcing, tepi rata, bertulang sejajar, panjang 40-80 cm, lebar 3-5 cm, berduri tempel pada ibu tulang daun permukaan bawah bagian ujungnya, berwarna hijau. Bunga majemuk, bentuk bongkol, eter 4-7,5 cm, dinding buah berambut, warnanya jingga.
Pandan wangi selain sebagai rempah-rempah juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan minyak wangi. Daunnya harum kalau diremas atau diris-iris, sering digunakan sebagai penyedap, dan pemberi warna hijau pada masakan atau panganan. Irisan daun pandan muda dicampur bunga mawar, melati, cempaka dan kenangga, sering diselipkan di sanggul supaya rambut menjadi harum, atau diletakkan diantara pakaian dalam lemari. Perbanyakan dengan memisahkan tunas muda yang tumbuh diantara akarnya.

Sifat dan Khasiat
Daun berkhasiat sebagai tonikum, penambah nafsu makan, dan penenang.

Kandungan Kimia
daun pandan mengandung alkaoida, saponin, flavonoida, tanin,polifenol dan zat warna.

Bagian yang digunakan
Daun.

Indikasi
daun pandan berkhasiat untuk mengatasi  ;
  • lemah saraf (neurathenia),
  • tidak nafsu makan,
  • rematik, pegal linu,
  • sakit disertai gelisah,
  • rambut rontok, menghitamkan rambut, dan
  • ketombe.

Cara Pemakaian
Daun pandan segar sebanyak 2-5 lembar diiris secukupnya lalu direbus atau diseduh, minum. Atau daun ditumbuk lalu diperas dan diminum.
Pemakaian luar, daun dicuci bersih lalu digiling halus, oleskan pada luka atau kulit kepala yang berketombe.

1 comment: