Friday, October 19, 2012

Landep



Barleria prionitis L.


Suku  : Acanthaceae
Nama Simplisia  :  Barleriae Folium (daun landep).

Deskripsi
Tumbuhan ini berasal dari Asia Tropik dan Afrika Selatan. Di Indonesia ditemukan di daerah yang beriklim kering, tumbuh liar atau ditanam untuk pagar dari dataran rendah sampai 400 m dpl.
Perdu, tinggi 1,5-2 m, batang berkayu, segi empat, berbuku-buku, berambut, berduri kuat yang terdapat pada ketiak daun. daun tunggal, daun muda berambut, letak berhadapan, panjang tangkai daun 4-8 mm. Helai daun jorong sampai lanset atau bundar telur memanjang, ujung meruncing, pangkal meruncing menyempit sepanjang tangkai, tepi rata agak berombak, panjang 2-18 cm, lebar 2-6,5 cm, pertulangan menyirip, warnanya hijau. Bunga tunggal simetris dua sisi, di ketiak daun, mahkota bertaju lima, bentuk elips memanjang, warnanya kuning. Buah kotak, bulat telur, pipih, ujung agak lancip, keras, terbagi dua, warnanya hijau. Biji bulat telur, pipih, mengkilap, warnanya cokelat. Perbanyakan dengan biji atau setek batang.

Sifat dan Khasiat
Daun memiliki bau yang lemah, rasa agak kelat. Berkhasiat sebagai peluruh kencing (diuretik), tonik, pereda demam (antipiretik), dan peluruh dahak. Akar berkhasiat sebagai peluruh dahak dan peluruh keringat (diaforetik).

Kandungan Kimia
Daun mengandung saponin, flavonoida, tanin, garam kalium, dan silikat. Sedangkan akar mengandung saponin, flavonoida, dan polifenol.

Bagian yang digunakan
Daun dan akar.

Indikasi
daun berguna untuk pengobatan  :
  • rematik, sakit pinggang,
  • demam,
  • sakit perut, perut busung air,
  • kencing kurang lancar,
  • kudis,
  • gusi nyeri, dan
  • spermatorea

Akar berguna untuk mengatasi  :
  • cacingan.

Cara pemakaian
Untuk diminum lihat contoh pemakaian.
Untuk pemakaian luar, daun segar secukupnya digiling halus untuk pengobatan rematik, nyeri punggung, panu, sakit kepala, dan sakit gigi. Akar untuk obat demam, luka, kurap. Air perasan untuk obat tetes pada radang telinga.

No comments:

Post a Comment