Wednesday, October 3, 2012

Beluntas



Pluchea indica [L.] Less.


Suku  : Asteraceae (Compositae)
Nama Simplisia   :  Plucheae Folium (daun beluntas), Plucheae Radix (akar beluntas)

Deskripsi
Plucheae indica umumnya tumbuh liar di daerah kering pada tanah yang keras dan berbatu, atau ditanam sebagai tanaman pagar.  Tumbuhan ini memerlukan cukup cahaya matahari atau sedikit naungan, banyak ditemukan di daerah pantai dekat laut sampai ketinggian 1.000 m dpl.
Tumbuhan kecil, tumbuh tegak, tinggi mencapai 2 m, kadang-kadang lebih. Cabang banyak, berusuk halus, berambut lembut. Daun bertangkai pendek, letak berseling, helaian daun bulat telur sungsang, ujung bulat melancip, tepi bergerigi, berkelenjar, panjang 2,5-9 cm, lebar 1-5,5 cm, warnanya hijau terang, bila diremas harum. Bunga majemuk, keluar dari ketiak daun dan ujung tangkai, cabang-cabang bunga banyak sekali, warna putih kekuningan sampai violet. Buah kecil, keras, cokelat dengan sudut-sudut putih. Biji kecil, cokelat keputihan. Perbanyakan dengan setek batang yang cukup tua.

Sifat dan Khasiat
Daun berbau khas aromatik dan rasanya getir, berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan (stomakik), membantu pencernaan, pelancar keringat (diaforetik), pereda demam (antipiretik), dan penyegar.
Akar berkhasiat sebagai pelancar keringat dan penyejuk (demulcent).

Kandungan Kimia
Daun mengandung alkaloid, flavonoida, tanin, minyak asiri, asam chlorogenik, natrium, kalium, aluminium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Sedangkan akarnya mengandung flavonoid dan tanin.

Bagian yang digunakan
Daun dan akar. Penggunaan segar atau telah dikeringkan.

Indikasi
Tumbuhan ini dapat digunakan  :
~ menghilangkan bau badan, bau mulut,
~ kurang nafsu makan,
~ gangguan pencernaan pada anak,
~ TBC kelenjar (skrofuloderma),
~ nyeri pada rematik, nyeri tulang (osteodinia), sakit pinggang (lumbago),
~ demam,
~ datang haid tidak teratur, dan
~ keputihan.

Cara Pemakaian
Daun atau akar sebanyak 10-15 g direbus lalu diminum.
Untuk pemakaian luar, daun dihaluskan lalu di oleskan pada tempat yang sakit seperti pegal linu, skabies, kudis dan borok.

No comments:

Post a Comment