Tuesday, October 2, 2012

Bayam



Amaranthus tricolor L


Deskripsi
Bayam berasal dari Amerika tropik. Sampai sekarang, tumbuhan ini sudah tersebar di daerah tropis dan subtropis seluruh dunia. Di Indonesia, bayam dapat tumbuh sepanjang tahun dan ditemukan pada ketinggian 5-2 m dpl, tumbuh di daerah panas dan dingin, tetapi tumbuh subur di dataran rendah pada lahan terbuka yang udaranya agak panas.
Herba setahun, tegak atau condong, tinggi 0.4-1 m, dan bercabang. Batang lemah dan berair. Daun bertangkai, berbentuk bulat telur, lemas, panjang 5-8 cm, ujung tumpul pangkal runcing, serta warnanya hijau, merah, atau hijau keputihan. Bunga dalam tukal yang rapat, bagian bawah duduk di ketiak, bagian atas berkumpul menjadi karangan bunga di ujung tangkai dan ketiak percabangan. Bunga berbentuk bulir.
Tanaman bayam dapat di perbanyak dengan biji.

Sifat dan khasiat
tanaman bayam dapat meningkatkat kerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Akar bayam merah berkhasiat sebagai obat disentri.
Bayam termasuk tanaman berserat yang dapat digunakan untuk memperlancar proses buang air besar. Makanan berserat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kanker usus besar, penderita kencing manis(diabetes Mellitus), kolesterol darah tinggi, dan menurunkan berat badan.

Kandungan Kimia
Bayam mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amarantin, rutin, purin, dan vitamin (A, B, dan C).

Contoh Pemakaian
~      Meningkatkan kerja ginjal, membersihkan darah sehabis bersalin.
Bayam dapat dikonsumsi dalam bentuk sayur bening
~     Kurang darah
Cuci 3 genggam daun akar merah, lalu tumbuk sampai halus, 1 sendok makan air jeruk nipis, lalu saring. Selanjutnya, tambahkan 1 sendok makan madu dan kuning telur ayam kampung dan aduk sampai rata. Kemudian diminum, pengobatan dapat dilakukan  satu kali sehari selama seminggu.
~      Disentri
Cuci 10 batang akar bayam merah sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Atambahkan garam seujung sendok the sambil diaduk rata, lalu saring. untuk pengobatan, minum air saringannya sekaliguas.
~      Memperkuat akar rambut
Cuci satu ikat daun dan batang bayam segar sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. tambahkan garam halus seujung sendok the sambil diaduk rata. kemudian peras dan saring, lalu minum sekaligus. lakukan 2-3 kali seminggu.

Catatan
~      Penderita kadar asam urat darah yang cukup tinggi dan rematik Gout dilarang mengkonkumsi bayam terlalu banyak karena sayuran ini mengandung purin yang cukup tinggi
~      Untuk pengobatan, bayam merah dianggap lebih berkhasiat daripada bayam hijau.

No comments:

Post a Comment